Jumat, 30 Mei 2014

TUGAS IBD 4. BERITA

Berita


I. Pengertian Berita
Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.
Stasiun televisi biasanya memiliki acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.


II. Contoh Berita
Korban pelecehan seksual di Taman Kanak - kanak (TK) Jakarta Internasional School (JIS) bertambah. Seorang orangtua korban melaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Orangtua korban warga keturunan mengaku bahwa anaknya telah menjadi korban dan mengalami pelecehan seksual lebih dari dua kali. Pihak KPAI masih merahasiakan identitas keluarga dan korban yang melapor tersebut.  
" Menurut laporan keluarga dan korban, ada satu lagi pelaku selain dua pelaku kejahatan seksual pada AK"
Sekretaris Jenderal KPAI, Erlinda, mengatakan, KPAI baru menerima laporan korban lain selain AK (korban pertama) yang mendapat pelecehan seksual di JIS. “Korban merupakan siswa TK JIS dan teman AK,” ujarnya, Rabu (23/4).
Dikatakan Erlinda, setelah menerima laporan pengaduan dari keluarga korban, pihaknya akan segera memberikan bantuan hukum, terapi, serta bantuan psikologis untuk korban kedua ini. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan kepolisian guna mengungkap kasus pelecehan kedua di JIS ini.
“Menurut laporan keluarga dan korban, ada satu lagi pelaku selain dua pelaku kejahatan seksual pada AK. Jadi KPAI akan meminta foto karyawan JIS karena diduga kuat, pelaku adalah orang yang lain,” imbuhnya.
Ditambahkan Erlinda, untuk mendapatkan perlindungan saksi dan korban, KPAI pun telah melaporkan hal itu ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) guna keamanan korban beserta keluarga. “Kami juga akan membantu keluarga dan korban untuk melapor ke polisi, karena sampai saat ini, keluarga korban belum berani melapor,” tandasnya.


III. Kesimpulan Berita
Dalam berita yang memilukan ini menunjukan kesinambungan yang besar dengan Ilmu Budaya Dasar yang telah kita pelajari. Selain menunjukan betapa rusaknya moral para pelaku, kejadian ini juga menjelaskan tentang kurangnya perhatian pemerintah dalam menindak lanjuti dan menegaskan perkara ini. Kesinambungan tersebut berhubungan dengan  :
1.       Berbanding terbalik dengan Manusia dan Cinta Kasih, Karena mental para pelaku yang sudah tidak berperi kemanusiaan.
2.       Manusia dan Penderitaan , Sudah dapat dipastikan masa depan yang kurang baik bagi para korban.
3.       Dan Manusia dan Keadilan, Karena kejadian ini merupakan satu dari sekian banyak tragedi yang terjadi di Indonesia yang harus ditegaskan hukumnya.

Nama    : Achdiyat Kusuma
Kelas     : 1IA05
MatKul : Ilmu Budaya Dasar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar